Kupas Seputar Jasa Pembuatan Studi Kelayakan

Jasa pembuatan studi kelayakan atau feasibility study menjadi salah satu jasa yang penting dan dibutuhkan di dunia bisnis. Mengapa? Sebab, studi tentang kelayakan sebuah bisnis atau usaha adalah langkah penting yang harus dilakukan untuk memetakan masalah dan menyusun semua aspek yang berhubungan dengan bisnis atau usaha.

Pengertian Studi Kelayakan Bisnis

Studi Kelayakan Bisnis atau yang disingkat dengan SKB adalah kegiatan yang terencana untuk mempelajari suatu usaha atau bisnis yang akan dijalankan dengan lebih mendalam guna memberikan kesimpulan mengenai kelayakan dari usaha atau bisnis tersebut. SKB dilakukan demi keberlangsungan perusahaan di masa mendatang.

Selain itu, kesimpulan yang diberikan juga dapat mencegah adanya pihak-pihak yang dirugikan dengan berdirinya bisnis tersebut. Di dalam pengoperasian perusahaan nantinya, SKB dari jasa studi kelayakan digunakan sebagai landasan dalam menentukan proyek kerja agar dapat berjalan dengan baik dan mencegah resiko kegagalan.

Tujuan Studi Kelayakan Bisnis

Tujuan pertama melakukan SKB adalah menghindari kerugian melalui analisis yang dilakukan terhadap perkembangan perusahaan di masa mendatang. Hasil analisis akan memaparkan gambaran kondisi usaha yang anda jalankan dari berbagai aspek. Jika hasilnya menunjukkan akan terjadi kerugian yang cukup besar, maka anda perlu berpikir ulang untuk melanjutkan usaha tersebut.

SKB juga bertujuan untuk mempermudah pelaksanaan kerja melalui analisis program-program yang dapat direalisasikan oleh perusahaan. Dengan hasil analisis ini, anda dapat menentukan kebijakan mana yang akan diambil agar perusahaan anda mendapatkan keuntungan. Selain itu, anda juga lebih mudah dalam membuat perencanaan perusahaan.

Analisis yang baik dari jasa pembuatan studi kelayakan akan membantu anda dalam merencanakan berbagai hal yang menyangkut kegiatan perusahaan, termasuk langkah-langkah dan program apa yang akan disusun. Tujuan selanjutnya adalah memudahkan dalam hal pengawasan oleh pihak berwenang, seperti pemerintah.

Laporan analisis SKB akan menjadi panduan dan mempermudah pihak berwenang dalam mengawasi jalannya perusahaan anda. SKB juga akan memudahkan proses pengendalian terkait dengan operasi perusahaan yang perlu dilakukan secara berkesinambungan. Proses yang tidak tepat akan memberikan dampak buruk, baik untuk lingkup sosial maupun kesehatan lingkungan.

Aspek-Aspek yang Dinilai dalam Studi Kelayakan Bisnis

Aspek pertama yang dinilai dalam studi kelayakan bisnis adalah hukum. Studi hukum bertujuan untuk mengetahui apakah bisnis yang akan dijalankan terdapat permasalahan dengan hukum yang akan menghambat atau tidak. Sebab, dalam beberapa kasus, permasalahan yang melibatkan hukum selalu menjadi ancaman terhadap keberlangsungan perusahaan.

Jika anda menemui adanya potensi pelanggaran dari aspek hukum, maka sebaiknya bisnis tersebut tidak dilanjutkan karena akan memberikan kerugian di kemudian hari. Aspek kedua yang ditinjau oleh jasa studi kelayakan adalah keuangan. Keuangan adalah penunjang yang sangat penting untuk keberlangsungan perusahaan.

SKB akan menilai bagaimana kesiapan finansial dari bisnis yang anda jalankan. Finansial ini harus memenuhi nominal kelayakan supaya perusahaan tidak mudah kolaps jika terjadi sedikit masalah. Perjalanan sebuah perusahaan pastinya akan mengalami goncangan dan ujian, sehingga perlu dilakukan analisis apakah usaha tersebut masih layak dilanjutkan atau tidak.

Aspek selanjutnya yang dinilai adalah pasar dan pemasaran. Sebelum memulai bisnis, tentunya anda sudah memiliki target yang akan dijadikan sebagai pasar. Dengan prediksi target tersebut, anda dapat menghitung berapa profit yang akan diperoleh dalam periode waktu tertentu. SKB akan menganalisis apakah pasar dan pemasaran itu cukup untuk mempertahankan bisnis anda.

SKB akan membantu anda untuk menganalisis terkait teknis dan pengoperasian, kemudian melihat apakah ada kemungkinan melemah untuk jangka waktu tertentu. Sebab, teknis dan pengoperasian menjadi salah satu kunci keberhasilan suatu perusahaan. Selain itu, SKB juga akan meninjau manajemen organisasi dari perusahaan anda.

Hal ini akan mengantarkan perusahaan untuk memiliki sistem manajemen yang jelas berdasarkan garis koordinat yang benar. Manajemen perusahaan adalah bagian penting untuk melakukan pengembangan dari berbagai sisi. Selain itu, SKB akan meninjau lingkungan dan sosial ekonomi tempat perusahaan anda berdiri untuk memastikan keberlangsungan perusahaan.

Hasil ulasan seputar Studi Kelayakan Bisnis ini menunjukkan bahwa fungsinya sangat penting untuk keberlangsungan sebuah perusahaan dengan melihat berbagai aspek. Hasil analisis tersebut nantinya dapat dijadikan sebagai acuan dalam melakukan pengembangan dan meminimalisir masalah.